LAPORAN PRATIKUM FISIKA
GERAK PARABOLA
Disusun
oleh :
Kelompok
6
Anggota :
1.
Hafizh
Ilyasa (06)
2.
Mahrus
Hilmi (12)
3.
Nico
Aliffian V.P (18)
4.
Nofita
Rizki Damayanti (20)
5.
Riska
Ayu Febrianti (26)
6.
Tika
Widiarti (32)
Kelas XI-MIIA4
SMA Negeri 1 Porong
Tahun Pelajaran 2014-2015
Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena
hanya atas karunia-Nya kami tim penyusun Makalah Pendidikan tentang “Laporan
Pratikum Gerak Parabola” yang dapat menambah wawasan tentang ilmu pengetahuan .
Selanjutnya kami tim penyusun berharap semoga makalah ini dapat
memberi motivasi bagi pembaca serta dapat memberikan tambahan ilmu pengetahuaan
. Dan semoga makalah yang kami buat ini bermanfaat untuk orang banyak .
Porong ,30 Oktober 2014
Kelompok 6
Daftar Isi
Halaman sampul……………………………………………………………1
Kata pengantar……………………………………………………………...2
Daftar isi……………………………………………………………………3
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
belakang masalah…………………………………………….4
B. Rumusan
masalah…………………………………………………..4
C. Tujuan
penelitian…………………………………………………...4
D. Manfaat
penelitian………………………………………………….4
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian
Teori………………………………………………………..5
BAB III METODE PENELITIAN
A. Alat
dan bahan……………………………………………………...6
B. Prosedur
pelaksanaan penelitian……………………………………6
BAB IV ISI DAN PEMBAHASAN
A. Besar
kecepatan gerak parabola……………………………..……...7
B. Tinggi
maksimum gerak parabola…………………………………..8
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan…………………………………………………………10
B. Saran...……………………………………………………………...10
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………11
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam
kehidupan sehari-hari sering kali kita dapatkan fenomena yang sering kita
anggap biasa-biasa saja. Namun sebagai orang fisika kita selalu berpikir bahwa
hal itu tidak terjadi begitu saja dan hal-hal itu terjadi karena adanya
faktor-faktor yang mengganggu keseimbangan dari sebuah benda atau zat, salah
satu contoh fenomena tersebut adalah peristiwa gerak parabola.
Gerak
parabola yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah perpaduan
antara gerak lurus beraturan dalam arah horizontal dan gerak lurus berubah
beraturan dalam arah vertikal dengan besar percepatan sama dengan percepatan
gravitasi bumi.
Kita
seringkali mendapati peristiwa gerak parabola dalam kehidupan sehari-hari tanpa
kita sadari bahwa pada peristiwa tersebut terdapat tinjauan fisika yang menarik
untuk dicermati, misalnya bila sebuah benda dilemparkan maka benda tersebut
akan membentuk lintasan di udara hingga sampai di tanah seperti lintasan
parabola, begitu pula seorang anak kecil yang bermain pistol air, agar mengenai
sasaran harus diperhitungkan besar sudut, dan kecepatan pistol tersebut.
B.
Rumusan Masalah
1.
Berapa
kecepatan untuk masing-masing sudut elevasi yang berbeda ?
2.
Berapa
tinggi maksimum gerak parabola untuk masing-masing sudut elevasi yang berbeda ?
C.
Tujuan Penelitian
1.
Untuk
mengetahui besar kecepatan gerak parabola dengan sudut elevasi yang berbeda.
2.
Untuk
mengetahui tinggi maksimum gerak parabola dengan sudut elevasi yang berbeda.
D.
Manfaat Penelitian
1.
Memudahkan
siswa untuk menerapkan peristiwa gerak parabola
2.
Siswa
dapat menghitung besar kecepatan dan tinggi maksimum pada gerak parabola
BAB
II
TINJAUAN
PUSTAKA
A.
Kajian Teori
Gerak
parabola merupakan gerakdimensi dua yang membentuk lintasan melengkung. Gerak
parabola juga dapat diartikan sebagai gerak benda yang mempunyai lintasan
berbentuk parabola.
Dari gambar
diatas dapat dipahami bahwa gerak parabola merupakan gabungan antara gerakan
benda secara horizontal (mendatar) dan vertikal (keatas atau kebawah). Gerak
horizontal pada sumbu X tidak dipengaruhi oleh gravitasi bumi. Oleh karena itu
kecepatan pada sumbu X mempunyai kecepatan konstan (a=0) atau sejenis dengan
gerak lurus beraturan. Adapun gerak vertikal pada sumbu Y dipengaruhi oleh
gravitasi bumi. Jenis gerak vertikal ini mempunyai kecepatan berubah-ubah atau
disebut juga gerak lurus berubah beraturan.
BAB
III
METODE
PENELITIAN
A.
Alat dan Bahan
·
Pistol
air mainan
·
Penggaris
dan busur derajat
·
Alat
tulis
·
Air
B.
Prosedur Pelaksanaan Penelitian
1.
Siapkan
alat dan bahan terlebih dahulu
2.
Isikan
air kedalam pistol mainan
3.
Ukur
sudut elevasi gerak parabola dengan busur derajat dengan ukuran sudut 300,450,600
4.
Setelah
sudutnya diukur, tembakkan airnya
5.
Ukur
berapa jarak yang ditempuh air
6.
Lakukan
sebanyak 3 kali agar data yang diperoleh lebih akurat
7. Catat hasilnya dan hitung berapa besar
kecepatan dan tinggi maksimumnya
BAB
IV
ISI
DAN PEMBAHASAN
Tabel percobaan perbedaan jarak maksimum setiap
sudut elevasi.
Sudut elevasi
|
Percobaan 1
|
Percobaan 2
|
Percobaan 3
|
300
|
257
cm
|
172
cm
|
252
cm
|
450
|
240
cm
|
252
cm
|
291
cm
|
600
|
310
cm
|
325
cm
|
308
cm
|
Rata-rata :
Sudut elevasi
|
Rata-rata
|
300
|
227
cm
|
450
|
261
cm
|
600
|
738
cm
|
Rumus :
·
x
=
·
y
=
|
1. Besar
kecepatan masing-masing sudut elevasi.
·
Sudut
elevasi 300 dan jarak maksimum 227 cm
x =
227 =
2270 = v02 + sin60
2270 = v02 + 0,87
= v02
= v0
51,08 = v0
·
Sudut
elevasi 450 dan jarak maksimum 261 cm
x =
261 =
2610 = v02 + sin90
2610 = v02 + 1
= v02
= v0
51,08 = v0
·
Sudut
elevasi 600 dan jarak maksimum 738 cm
x =
738=
7380 = v02 + sin120
7380 = v02 + 0,87
= v02
= v0
92,10
= v0
2. Tinggi
maksimum setiap sudut elevasi
·
Sudut
elevasi 300 dan v02 2609,19
y =
=
=
=
= 32,61 cm
·
Sudut
elevasi 450 dan v02 2610
y =
=
=
=
= 65,25 cm
·
Sudut
elevasi 600 dan v02 7380
y =
=
=
=
= 276,75 cm
BAB
V
PENUTUP
A. Kesimpulan
a)
Semakin
besar sudut elevasi gerak parabola, maka semakin panjang pula jarak maksimumnya dan semakin besar
kecepatannya
Sudut
elevasi
|
V0
|
300
|
51,08
|
450
|
51,08
|
600
|
92,10
|
b)
Semakin
besar sudut elevasi gerak parabola, maka semakin besar tinggi maksimumnya
Sudut
elevasi
|
y
|
300
|
32,61
|
450
|
65,25
|
600
|
276,75
|
Rumus :
x =
y =
B. Saran
Penting bagi kita mencermati bahwa banyak sekali
peristiwa gerak parabola yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang berguna
dan bermanfaat serta penting juga untuk dipelajari
DAFTAR PUSTAKA
buku fisika
untuk program matematika dan ilmu-ilmu alam
gagasan atau
pemikiran sendiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar